Selamat Datang di Uchavision Semoga Bermanfaat | Pasang Iklan Baris Gratis

Thursday, July 11, 2013

Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur

Tidur Setelah Makan
Tidur Setelah Makan
Selamat pagi sobat blogger, sudah sahur kan bagi yang melaksanakan puasa. Kalau belum berarti kalian sudah gak bisa sahur karena ini sudah waktunya sholat subuh. Setelah kemarin saya menulis 5 hal aneh ketika mereka tidur kali ini materi yang akan saya sampaikan adalah bahayanya tidur setelah makan sahur. Tentu kalian sobat blogger setelah makan sahur banyak yang kemudian tidur lagi karena mungkin masih ngantuk atau mungkin tidak ada pekerjaan lain.
Menurut Pramono, ahli gizi Rumah Sakit Umum Ullin Banjarmasin, kebiasaan tidur setelah makan akan menimbulkan perut menjadi buncit, dikarenakan energinya menjadi hemat sehingga akan sulit untuk membuang lemak-lemak yang ada.
Selain itu juga akan menimbulkan yang namanya Refluks. Refluks adalah kembalinya makanan ke kerongkongan dikarenakan makanan yang tadi kita makan belum tercerna oleh lambung. Kenapa bisa balik lagi ke kerongkongan, ya karena adanya efek grafitasi terhadap tubuh kita.
Pada keadaan normal lambung kita akan kembali kosong sekitar 2 jam setelah kita makan, tetapi kalau kita dalam keadaan berbaring maka pengosongan lambung akan terhambat dan juga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan bahkan bisa menimbulkan gejala mencret.
Penyakit-penyakit tersebut adalah beberapa efek yang timbul akibat makan setelah tidur. Nah yang paling mengerikan yaitu akan meningkatkan resiko terkena stroke. Orang yang jarak setelah sahur dengan tidur sangat singkat akan lebih mudah terserang penyakit stroke. Jadi apabila jarak antara makan sahur dan tidur semakin panjang maka akan semakin rendah resiko terkena stroke.
Ngomongin soal makanan pasti memiliki banyak cerita seperti Diet bagi penderita diabetes mellitus Semua pernyataan diatas merupakan hasil penelitian yang dilakukan para ahli di bidang kesehatan. dikutip dari Yahoo :
Nabi Muhammad SAW telah memberika tuntunan bahwa makan sahur jangan ditinggalkan dan dianjurkan untuk diakhirkan waktunya jadi sampai menjelang subuh atau waktu imsyak sehingga secara logika maka setelah sahur maka langsung dilanjutkan ibadah Sholat Subuh dan jika setelah sholat subuh dilanjutkan dengan wirid yang cukup panjang maka matahari telah terbit dan sudah waktunya untuk bekerja.
Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.
Caranya bisa juga dengan shalat. Rasulullah SAW bersabda,"Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras."(HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a.).
Nah kawan apakah kalian masih akan tidur setelah melaksanakan sahur. Semua pilihan ada ditangan sobat semuanya. Walaupun tidur setelah sahur itu tidak haram, tapi itu semua adalah pilihan. Setiap manusia memiliki pilihan yang berbeda-beda. Sekian dulu apdetan posting dari ane. Semoga bermanfaat. Kalian dapat menemukan inpirasi hidup di Inspirasi Hidup
Sumber gambar http://www.yhs.net/category/artikel/page/21/


Anda Mungkin Menyukai:

4 comments:

  1. ternyata separah itu ya efeknya, ngeri bget

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seperti itu sist efeknya..tapi dalam jangka panjang itu

      Delete
  2. klo langsung sahur setelah bangun tidur apa efeknya hayooo :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau itu efeknya menjadi kenyang om :p

      Delete

> Berkomentar yang bijak ya sob.
> No Sara
> Ane berhak menghapus pesan yang gak masuk akal

Cek Resi Kiriman Anda