Selamat Datang di Uchavision Semoga Bermanfaat | Pasang Iklan Baris Gratis

Thursday, November 22, 2012

Diet bagi Penderita Diabetes Mellitus

Tanggal 14 November diperingati sebagai hari Diabetes Mellitus di dunia. Tanggal itu merupakan kelahiran Frederick Banting yang telah menemukan insulin bersama dengan Charlest Best. Insulin adalah sebuah obat untuk membantu menurunkan gula darah yang tinggi pada orang dengan penyakit Diabetes Mellitus (Kencing Manis).
WHO memperkirakan pada tahun 2002 terdapat 150 juta penduduk dunia yang terjangkit penyakit ini, dan akan meningkat sekita dua kali lipat pada tahun 2025 (WHO website). Peningkatan ini lebih banyak terjadi pada negara berkembang seperti Indonesia. Di Indonesia diperkirakan 6-8% penduduknya terkena Kencing Manis.
Untuk penanganan yang benar harus dipahami lebih dudlu oleh para tenaga medis. Jenis diabetes terdiri dari Dibabetes Mellitus tipe I, tipe II, MODY (Maturity Onset Diabetes of the Young), LADA (Latent Autoimmum Diabetes in Adults), diabetes pada kehamilan atau peningkatan kadar gula darah karena pengaruh obat.
Untuk orang awam, biasanya Diabetes Mellitus dibagi menjadi tipe I dan tipe II saja. Tujuan dari penanganan adalah mencapai kontrol gula darah yang ideal, yaitu HbA1C kurang dari 6,5% (Glycated Haemoglobin Concentration).
Insulin dapat digunakan secara aman guna membantu mengendalikan kadar gula tersebut. Sebenarnya ada banyak sekali jenis dari insulin, jenis itu biasanya di sesuaikan dengan yang paling pas dengan kondisi orang dengan penyakit tersebut.
Dalam memilih pola makan, sangat perlu diketahui bahwa karbohidrat akan diuraikan menjadi glukosa yang merupakan gula sederhana, supaya tubuh mampu menyerapnya. Karbohidrat bisa berupa beras, gandum, sagu, jagung, ketela serta roti.
Maltosa adalah kandungan gula yang terdapat pada biji-bijian seperti padi dan gandum. Kemudian oleh tubuh akan diubah menjadi glukosa yang akan meningkatkan gula darah.
Laktosa adalah gula yang terdapat pada susu, laktosa akan diubah menjadi glukosa dan galaktosa, dimana galaktosa diubah oleh hati menjadi glukosa.
Sukrosa adalah gula pasir yang sering kita pakai untuk pemanis. Sukrosa akan diubah menjadi glukosa dan fruktosa yang mampun meningkatkan kadar gula darah secara cepat.
Fruktosa adalah jenis gula monosakarida yang terdapat pada buah, dan oleh hati akan diubah menjadi glukosa. Pada zaman sekarang banyak orang beranggapan bahwa makan buah yang banyak adalah aman untuk diet dan tidak akan meningkatkan gula darah pada orang diabetes. Padahal anggapan ini adalah salah.
Diet diabetes yang baik adalah protein 20 ñ 25% dari total kalori yang dikonsumsi setiap hari, karbohidrat 40%, lemak 30-35% serta serat. Idealnya kita memakan serat 20-35 gram tiap hari.
Manfaat dari serat adalah menurunkan kolesterol, trigliserid, kadar gula, mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga hal ini akan menurunkan makan yang berlebihan dan mampu menurunkan berat badan.

Anda Mungkin Menyukai:

1 comment:

> Berkomentar yang bijak ya sob.
> No Sara
> Ane berhak menghapus pesan yang gak masuk akal

Cek Resi Kiriman Anda