Selamat Datang di Uchavision Semoga Bermanfaat | Pasang Iklan Baris Gratis

Tuesday, July 23, 2013

Fungsi Kerikil pada Rel Kereta Api

Rel Kereta Api
Rel Kereta Api
Ketika liburan jauh pasti ada sebuah pilihan berkendara melalui jalur darat, laut dan udara. Jalur darat ada pilihan jalur aspal dan rel kereta. Nah kali ini ucha akan memberikan sedikit pengetahuan tentang kerikil yang banyak terdapat di sekitar rel kereta api. Sebelumnya kalian juga bisa membaca tentang oleh-oleh yang sering anda temui ketika anda berwisata. Nah sobat daripada banyak cincong langsung aja sob simak keterangan dibawah ini :

Fakta
1. Fungsi pertama, kerikil mempunyai fungsi sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya kerikil pada rel kereta api, rel akan tetap stabil ketika kereta api lewat. Jadi kereta api akan dapat berjalan dengan baik.
2. Fungsi kedua, kerikil dapat menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api lewat diatas rel tersebut. Hal ini membuat goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas akan sedikit terkurangi. Oleh sebab itu rel kereta api akan lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.
3. Fungsi ketiga, kerikil dapat berfungsi sebagai penahan dan memperlancar air ketika hujan datang. Fungsi ini cukup berperan penting ketika hujan lebat dan bisa mencegah terjadinya pengikisan tanah disekitar rel kereta api.
4. Fungsi keempat, batu kerikil berfungsi sebagai penghambat tumbuhnya rumput disekitar rel kereta api. Karena rumput bisa membuat tanah disekitar rel kereta api menjadi gembur, meskipun itu bisa terjadi dalam jangka yang cukup lama. Hal ini tentu akan sangat membahayakan ketika kereta api lewat karena tanahnya tidak stabil.

Eits sobat, tapi ada beberapa rel kereta api yang tidak menggunakan batu kerikil. Tapi tenang sobat itu tidak akan berbahaya karena rel yang tanpa batu kerikil sudah didesain sedemikian canggihnya. Fungsi dari batu kerikil sudah digantikan oleh komponen lain. Contoh yang tidak menggunakan batu kerikil adalah pada jembatan dan pada lintasan kereta api yang melewati aspal. 
Sekian dulu sobat apdetan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber gambar :www.kaskus.co.id


Anda Mungkin Menyukai:

4 comments:

  1. Nice Info gan.. Jadi tau lebih nih setelah baca disini :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih udah mengunjungi uchavision.. jangan lupa baca2 lagi dimari :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih gans atas infonya .. sukses broe
    Mohon kunjungan baliknya : http://ditentukan.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya..
      semoga artikel ucha bermanfaat gan.. :)

      Delete

> Berkomentar yang bijak ya sob.
> No Sara
> Ane berhak menghapus pesan yang gak masuk akal

Cek Resi Kiriman Anda