Selamat Datang di Uchavision Semoga Bermanfaat | Pasang Iklan Baris Gratis

Tuesday, November 6, 2012

Mengenal Karakter Ban




Banyak pengguna mobil maupun sepeda motor yang kurang paham tentang tulisan yang tertera pada sebuah ban. Padahal tulisan tersebut memiliki makna tersendiri guna mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara.
Menurut Martin T Teiseran, ahli teknik otomotif, tulisan pada ban adalah sebuah gambaran spesifikasi ban tersebut. Misal 205/65R14 H, artinya adalah 205 menunjukkan lebar ban bila dilihat dari depan dan ukurannya adalah mm. Angka 65 menunjukkan aspek rasio, yakni perbandingan tinggi ban dengan lebar ban dalam satuan persentase. Sedangkan 14 adalah sebuah ukurang diameter ban dalam satuan inci.
Kode R adalah menunjukan ban tersebut mempunyai jenis Radial dan huruf H menunjukkan kecepatan maksimum 200km/jam. Semakin besar diameter ban, semakin besar kecepatan maksimunya.
Perlu diingat, kondisi jalan mempengaruhi tingkat kenyamanan. Banyak anggapan yang keliru, kalau ingin nyaman tekanan udara harus dikurangi, padahl hal tersebut adalah salah. Sebab, hal tersebut dapat merusak pelek dan ban tersebut.
Ban dengan aspek rasio 65 ring 14 inci, missal membutuhkan 32 psi, maka untuk ban dengan aspek rasio 55 harus menambahkan 10% tekanan angin menjadi 35,2 psi. karena semakin kecil rasio semakin tinggi tekanan ban yang dibutuhkan.

Untuk kendaraan berat sebaiknya menggunakan ban jenis bias. Ban dengan struktur bias dibuat dari bahan lembar cord yang digunakan sebagai rangka ban. Cord ditenun dengan cara zigzag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat.
Misal tertulis 6.00-14 4PR. Maknanya adalah 6.00 menunjukkan lebar penampang ban dalam satuan inci. Sedang 14 menunjukan diameter pelek ban dalam satuan inci. 4PR atau 4 ply rating menunjukkan berlapis-lapisnya ply-courd. Nilai 4 bukan menunjukan 4 lapis namun PR digunakan untuk menunjukkan beban maksimum yang diizinkan.
Ban dengan ukuran ini mampu menahan hingga 615kg setiap ban dengan tekanan udara 47psi. jadi semakin banyak PR, semakin kuat pula ban menampung beban.
Ban yang sering bergesekan dengan jalan tentu rentan terhadap kerusakan, sehingga perlu diganti. Untuk ban normal biasanya mampu menempuh hingga 40.000 km. namun bila keausan sudah sampai titik tanda segitiga pada sisi ban, maka ban harus diganti. Begitu juga bila terlalu lama tidak digunakan, ban akan menjadi getas. Kondisi ini akan menimbulkan suara berisik saat ban berjalan. (SM-121105-18)

Anda Mungkin Menyukai:

0 komentar:

Post a Comment

> Berkomentar yang bijak ya sob.
> No Sara
> Ane berhak menghapus pesan yang gak masuk akal

Cek Resi Kiriman Anda