Selamat Datang di Uchavision Semoga Bermanfaat | Pasang Iklan Baris Gratis

Sunday, November 4, 2012

13 Tahun Perjalanan Kaskus

Selamat malam kawan blogger. saya barusan buka-buka eh nemu ginian. sapa tau bermanfaat bagi agan semuanya. ane just sharing. jadi kalau copas juga gak masalah kan gan. yang penting asyik. Langsung aja ini gan ceritanya yang saya mau bagikan.   Quote:1. Thn.1999, Awal Berdirinya Kaskus
Kaskus berdiri pada tanggal 6 November 1999, didirikan oleh 3 orang pemuda Indonesia yang sedang melakukan studi di Seattle, Amerika Serikat. Ketiga orang itu adalah Andrew Darwis (Mimin), Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. hanya dengan modal US$ 7. Setelah berjalan beberapa lama(kira-kira setelah berjalan 5 bulanan ) , Budi dan Ronald mengundurkan diri sekitar bulan April 2000 karena menganggap Kaskus sama sekali tidak menghasilkan keuntungan, hanya menghabiskan waktu yang mereka punya. Hanya Mimin yang kemudian bertahan, namun Kaskus terpaksa vakum selama 8 bulan. Nama Kaskus adalah kepanjangan dari Kasak-Kusuk. CMIIW


Quote:2. Thn.2000, Menggunakan Domain Kaskus.com
Setelah Vakum selama 8 Bulan, tepatnya pada tanggal 6 desember 2000, Mimin mengelola Kaskus kengan Domain Kaskus.com. Pada masa ini tampilan kaskus udah lumayan loh pada masanya

Spoilerfor Kaskus tahun 2000:


Quote:3. Thn.2001-2004, Modifikasi demi memantapkan diri
Gak banyak yang berubah dari tampilan Kaskus sampai akhir 2001, tapi pada 5 oktober 2001 setiap login mengarah ke indoguides.com - The number one source for Guides and Information in the net, kemudian berubah lagi tampilannya pada 30 november 2001 dan bertahan sampai 2 tahun kedepannya. Pada tahun 2003 tepatnya 8 Agustus 2003, entah apa yang terjadi, di halaman awal Kaskus dapat diakses melalui 2 akun Login, yaitu ke kaskus.com dan yg ke dua ke kutubusuk.com. Dan di tahun yang sama 5 Desember 2003, Kaskus merubah tampilannya lagi - saat itu member Kaskus udah mencapai 19 ribu gan . Baru pada tahun 2004 sepertinya Mimin baru membeli lisensi vBulletin

Spoilerfor 5 oktober 2001:

Spoilerfor 30 november 2001-akhir 2003:

Spoilerfor 8 Agustus 2003:

Spoilerfor 5 Desember 2003:

Spoilerfor 2004:


Quote:4. Thn.2005, Mendapatkan Penghargaan dari PC Magazine Indonesia
Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006. Pada tahun ini kaskus juga udah mulai banyak iklannya,gan !

Spoilerfor iklan 2005:


Quote:5. Thn.2006, Pindah domain dari .com ke .us
Wikipedia. Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia di mana Kaskus masuk dalam target penyerangan.


Quote:6. Thn.2007, menambah server
Wikipedia. Karena saking padatnya pengunjung, pada Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah dua server baru untuk meningkatkan performa situs Kaskus (Dell Server).


Quote:7. Thn.2008, Serangan DDos & Penutupan SF Kontroversial
Siapa yang gak ingat serangan DDos tahun 2008? Ane bigung mau ngisahinnya, ane ambil dari Wiki aja Gan

Pada tanggal 16-17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree. Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada.
Penyerangan tersebut diduga terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa hari sebelumnya. Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya, administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus.
Perang cyber antara kedua komunitas ini akhirnya selesai ketika kedua pengelola situs menandatangani memorandum online untuk menyudahi pertikaian di antara keduanya. Pesan tersebut dipampang selama beberapa minggu di halaman situs masing-masing.
Meskipun kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan ini cukup berat, Administrator Kaskus menjanjikan bahwa Kaskus akan kembali normal pada bulan Juli 2008, seiring dengan diluncurkannya server baru Kaskus di gedung Cyber, Jakarta. Namun, ia juga mengatakan bahwa data-data yang akan dimunculkan kembali adalah data yang dimuat sebelum tahun 2008, sementara data yang dibuat selama tahun 2008 tidak dapat dimunculkan kembali.

Nah pada tahun ini pula Kaskus mulai bangkit dan pada tanggal 17 Agustus 2008 Mimin pun menutup Forum BB17(Buka-Bukaan 17) & Fight Club yang sekarang menjadi SF Debate Club, bedanya SF DC yang sekarang ini lebih ketat soal Rules nya
Tidak hanya itu aja, Kaskus pun merubah tampilannya seperti yang kita kenal sebelumnya yaitu Kaskus OLD


Quote:8. Thn.2009, Launching Fitur Kaspay
Wikipedia. Ada sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara ''online'' yang disebut KasPay. Layanan tersebut telah diluncurkan pada Jumat 6 November 2009, pada acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The East Euilding, Kuningan, Jakarta. Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay.


Quote:9. Thn.2009-13 Dec, Masuk Koran Jawapos - Deteksi
Ketenaran Kaskus pun akhirnya membuat beberapa Koran seperti Jawapos - Deteksi 13 Desember 2009 untuk melakukan wawancara dan membahas mengenai Kaskus.
Spoilerfor JawaPos:


Dan setelah berita ini diterbitkan member Kaskus pun berkembang pesat sampai sekarang ini, dulu pada tahun ini member Kaskus masih berjumlah 1,3 jutaan


Quote:10. Thn 2010, Menduduki Peringkat 6 Alexa
Mungkin ini adalah tahun terbaik sepanjang 11 tahun perjalanannya. Menurut Alexa.com, pada bulan September 2010 Kaskus berada di peringkat 257 dunia dan menduduki peringkat 6 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Data per September 2010, jumlah server Kaskus sudah berjumlah lebih dari 50 server karena perkembangan yang sangat pesat (pertambahan user rata-rata perhari mencapai kurang lebih 3000 orang).


Quote:11. Thn 2011, Menambah Server
Pada bulan Juni 20011 Kaskus turun peringkat dari posisi ke-6 ke posisi 10. Kemudian naik lagi di bulan September 2011 ke posisi-7 versi Alexa. Namun begitu jumlah traffic database Kaskus meningkat tajam, dan Manajeman Kaskus pun menambah server hingga 250 buah dan menambah karyawannya hingga 80 orang.


Quote:12. Thn.2012, Pindah Domain dari .us ke .com/.co.id
Pada tanggal 26 Mei 2012, terjadi beberapa masalah domain yang diakibatkan oleh rusaknya beberapa hardisk Database Kaskus. Dan Hal ini membuat Kaskus mengganti Domain kembali ke .co.id atau .com .


Quote:13. Thn 2012, Migrasi ke New Kaskus
Setelah 4 tahun lamanya menggunakan tampilan Kaskus OLD, Kaskus pun menyelesaikan proyek Kaskus Beta yang diakhiri dengan launchingnya New Kaskus pada 20 Oktober 2012. Tentu saja banyak komplain seperti 4 tahun silam ketika OLD Kaskus launching (mungkin karena belum terbiasa )


Sumber: wikipedia.com, dan pribadi, dan berbagai sumber yang terkumpul

Anda Mungkin Menyukai:

0 komentar:

Post a Comment

> Berkomentar yang bijak ya sob.
> No Sara
> Ane berhak menghapus pesan yang gak masuk akal

Cek Resi Kiriman Anda