Macam-Macam Model Pembelajaran - Seperti biasa, ucha hadir untuk memberikan sebuah artikel yang mungkin bermanfaat bagi sobat blogger yang membutuhkan. Tapi jangan pernah ejek sedikitpun karena memang tulisan ucha ini kurang berkualitas.
Pada kesempatan kali ini ucha akan share kepada sobat macam-macam model pembelajaran. Mungkin artiketl ini sangat bermanfaat buat sobat yang berprofesi sebagai guru. Mungkin lho ini. langsung aja simak artikel dibawah ini.
==================================================
1.
Model Pembelajaran Berbasis Portofolio
Ada beberapa
pendapat ahli pendidikan tentang portofolio, mulai dari suatu map kumpulan
siswa sampai dengan keliping dari item-item tertentu.
Sedangkan menurut
Budiono (2001:1) model pembelajaran berbasi portofolio adalah merupakan suatu
bentuk dari praktek belajar kewarganegaraan, yaitu : suatu inovasi pembelajaran
yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam
melalui pengalaman belajar praktik-empirik.
2.
Model Pembelajaran Kontekstual
(Contextual Teaching and Learning) adalah : konsep belajar yang membantu
guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta
didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimiliki dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Menurut Zahorik
(1995) ada 5 elemen yang harus diperhatikan dalam praktek pembelajaran
kontekstual yaitu :
-
Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada.
-
Memperoleh pengetahuan baru.
-
Pemahaman pengetahuan.
-
Mempraktekan pengetahuan dan pengalaman
tersebut.
-
Melakukan refleksi terhadap pengembangan
pengetahuan tersebut.
3.
Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning)
Model pembelajaran
ini merupakan sistim pengajaran yang member kesempatan kepada anak didik untuk
bekerja sama dalam tugas terstruktur.
Menurut (Slavin,
1994:50) Tujuan pembelajaran kooperatif adalah : menciptakan sitasi dimana
keberhasilan individu di tentukan oleh keberhasilan kelompoknya.
4.
Model Pembelajaran VCT
(Value Clarification Technique) / Tehnik
mengklarifikasi nilai. Model pembelajaran VCT ini lebih menitik beratkan pada
ranah efektif seperti pendidikan kewarganegaraan, dan berada pada ranah sikap
yaitu : wahana penanaman nilai, moral dan norma. Norma baku seperti rasa
sosial, nasionalisme, bahkan sistim keyakinan. Sikap merupakan posisi seseorang
sebelum berbuat, sehingga sikap merupakan ambang batas seseorang antara
sebeleum melakukan suatu perbuatan/berperilaku tertentu.
Menurut (Sanjaya :
2006) VCT merupakan tehnik pengajaran untuk membantu siswa dalam mencari dan
menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu persoalan
melalui proses menganalisis nilai yang sudah pada diri siswa.
5.
Model Pembelajaran Ceramah
Ceramah adalah :
sebuah bentuk interaksi melalui penenangan dan penuturan dari guru kepada
peserta didik. Guru dapat menggunakan alat bantu seperti gambar dan audio
visual. Model pembelajaran ini paling banyak digunakan dalam proses belajar
mengajar. Biasanya sebelum menggunakan metode lain metode ini digunakan terlebih
dahulu sebagai pengantar.
Adapun kebaikan dan
kelemahan metode ceramat menurt (Suryosubroto, 2002:166-168) adalah :
Kebaikannya : guru dapat menguasai
seluruh arah kelas.
Kelemahannya : guru sulit mengetahui
sampai dimana murid-murid telah mengerti pembicaraannya, murid sering salah
paham dengan apa yang dimaksudkan oleh guru.
==================================================
Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi sobat. Salam blogger Indonesia.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Articles /
karya tulis /
Pengetahuan /
sekolah /
Tips
dengan judul "Macam-Macam Model Pembelajaran". Anda bisa Menemukan artikel ini dengan link http://uchavision.blogspot.com/2014/07/macam-macam-model-pembelajaran.html dan anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Macam-Macam Model Pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Macam-Macam Model Pembelajaran sumbernya.
Anda Mungkin Menyukai:
siap gan..semakin banyak berbagi makin oke :)
ReplyDelete