Selamat Datang di Uchavision Semoga Bermanfaat | Pasang Iklan Baris Gratis

Friday, July 4, 2014

Macam-Macam Model Pembelajaran



Macam-Macam Model Pembelajaran - Seperti biasa, ucha hadir untuk memberikan sebuah artikel yang mungkin bermanfaat bagi sobat blogger yang membutuhkan. Tapi jangan pernah ejek sedikitpun karena memang tulisan ucha ini kurang berkualitas.
Pada kesempatan kali ini ucha akan share kepada sobat macam-macam model pembelajaran. Mungkin artiketl ini sangat bermanfaat buat sobat yang berprofesi sebagai guru. Mungkin lho ini. langsung aja simak artikel dibawah ini.


 ==================================================
1.      Model Pembelajaran Berbasis Portofolio
Ada beberapa pendapat ahli pendidikan tentang portofolio, mulai dari suatu map kumpulan siswa sampai dengan keliping dari item-item tertentu.
Sedangkan menurut Budiono (2001:1) model pembelajaran berbasi portofolio adalah merupakan suatu bentuk dari praktek belajar kewarganegaraan, yaitu : suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengalaman belajar praktik-empirik.

2.      Model Pembelajaran Kontekstual
(Contextual Teaching and Learning)  adalah : konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Menurut Zahorik (1995) ada 5 elemen yang harus diperhatikan dalam praktek pembelajaran kontekstual yaitu :
-          Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada.
-          Memperoleh pengetahuan baru.
-          Pemahaman pengetahuan.
-          Mempraktekan pengetahuan dan pengalaman tersebut.
-          Melakukan refleksi terhadap pengembangan pengetahuan tersebut.

3.      Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning)
Model pembelajaran ini merupakan sistim pengajaran yang member kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dalam tugas terstruktur.
Menurut (Slavin, 1994:50) Tujuan pembelajaran kooperatif adalah : menciptakan sitasi dimana keberhasilan individu di tentukan oleh keberhasilan kelompoknya.

4.      Model Pembelajaran VCT
(Value Clarification Technique) / Tehnik mengklarifikasi nilai. Model pembelajaran VCT ini lebih menitik beratkan pada ranah efektif seperti pendidikan kewarganegaraan, dan berada pada ranah sikap yaitu : wahana penanaman nilai, moral dan norma. Norma baku seperti rasa sosial, nasionalisme, bahkan sistim keyakinan. Sikap merupakan posisi seseorang sebelum berbuat, sehingga sikap merupakan ambang batas seseorang antara sebeleum melakukan suatu perbuatan/berperilaku tertentu.
Menurut (Sanjaya : 2006) VCT merupakan tehnik pengajaran untuk membantu siswa dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses menganalisis nilai yang sudah pada diri siswa.

5.      Model Pembelajaran Ceramah
Ceramah adalah : sebuah bentuk interaksi melalui penenangan dan penuturan dari guru kepada peserta didik. Guru dapat menggunakan alat bantu seperti gambar dan audio visual. Model pembelajaran ini paling banyak digunakan dalam proses belajar mengajar. Biasanya sebelum menggunakan metode lain metode ini digunakan terlebih dahulu sebagai pengantar.
Adapun kebaikan dan kelemahan metode ceramat menurt (Suryosubroto, 2002:166-168) adalah :
Kebaikannya : guru dapat menguasai seluruh arah kelas.
Kelemahannya : guru sulit mengetahui sampai dimana murid-murid telah mengerti pembicaraannya, murid sering salah paham dengan apa yang dimaksudkan oleh guru.


 ==================================================

Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi sobat. Salam blogger Indonesia.

Anda Mungkin Menyukai:

1 comment:

> Berkomentar yang bijak ya sob.
> No Sara
> Ane berhak menghapus pesan yang gak masuk akal

Cek Resi Kiriman Anda